Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sehat Indonesiaku Login

Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin, telah menginstruksikan bahwa seluruh pendataan Imunisasi Anak secara digital. Nantinya, semua anak secara individu mempunyai rekam jejak imunisasi yang telah diterima. Hal ini berguna untuk memantau kesehatan anak dan nantinya status vaksin dapat digunakan untuk pendidikan (misal harus sekolah ke luar negeri, imunisasi TBC diperlukan). Inilah bukti nyata Transformasi Kesehatan oleh Menteri Budi G. Sadikin.

“Terkait dengan imunisasi, kami akan melakukan digitalisasi penuh, sehingga semua anak-anak yang nanti kita lakukan imunisasi akan terekam individunya,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (12/5).

Petugas Puskesmas atau Tenaga Kesehatan yang bertugas untuk mencatat imunisasi anak pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) harus melakukan entri data pada aplikasi Sehat Indonesiaku. Aplikasi Sehat Indonesiaku / ASIK juga dapat mencatat dan melihat dashboard penyakit tidak menular / ASIK PTM. Tapi bagaimana cara akses versi mobile Sehat Indonesiaku jika ingin diakses melalui tampilan website? mari kita simak cara login aplikasi Sehat Indonesiaku.


 

Alamat Website

Untuk membuka Aplikasi Sehat Indonesiaku pada browser atau peramban, Tenaga Kesehatan atau Pegawai Puskesmas dapat mengunjungi halaman https://sehatindonesiaku.kemkes.go.id/login. Ingat pastikan alamat yang tertera adalah dengan domain tersebut.

Cara Login Sehat Indonesiaku

Setelah berhasil membuka halaman https://sehatindonesiaku.kemkes.go.id/login, masukkan kode Puskesmas. Kode Puskesmas ini sebagai username dan password. Menggunakan kode Puskesmas agar mudah diingat oleh tenaga kesehatan. Perlu diingat, harus segera merubah username dan password setelah masuk.

Kode Puskesmas

Daftar Kode Puskesmas dapat dilihat melalui halaman resmi Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan dengan alamat https://komdat.kemkes.go.id/baru/index_rpt.php?folder=dashboard/reports&pg=rptPkmListPuskesmas&kode_kabupaten#. Halaman tersebut memuat hingga 10 ribuan lebih data Puskesmas. Pastikan koneksi lancar dan cepat untuk meload halaman tersebut. Setelah login, pastikan petugas Puskesmas memasukan Nama Lengkap, NIK, dan Nomor Whatsapp.

Tampilan Dashboard Sehat Indonesiaku

 Dashboard Sehat Indonesiaku mempunyai tampilan sebagai berikut: 


Dashboard Sehat Indonesiaku mempunyai menu antara lain:

  1. Program Imunisasi
  2. Tenaga Kesehatan
  3. Analisa Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)
  4. Analisa Penyakit Tidak Menular (PTM)

Pada menu Analisa BIAN, terdapat dashboard Analisa BIAN Nasional dan Analisa BIAN Puskesmas. Dashboard analisa BIAN Nasional berisikan pilihan provinsi, kabupaten / kota, hingga kecamatan. Terdapat juga capaian perwilayah beserta top 5 dan bottom 5 capaian BIAN perwilayah.

Cara Tambah Anak

Menu ini digunakan jika nama anak tidak ada dalam data. Cara menambah data sasaran imunisasi sebagai berikut:
  1. Klik tombol Tambah Anak
  2. Masukan Tambah Data Anak
  3. Isikan Domisili luar wilayah atau WNA
  4. Isikan NIK Anak, atau centang "NIK tidak diketahui" jika NIK Anak tidak diketahui
  5. Masukan nama anak, jenis kelamin, tanggal lahir, tempat lahir, provinsi, kabupaten/kota, kelurahan/desa, alamat domisili, NIK Ibu, Nama Ibu.
  6. Pilih status verifikasi. 
    • Diverifikasi, jika data sudah benar semua. Pastikan NIK dan Nama Anak sudah sesuai
    • Belum diverifikasi, jika belum pasti datanya
    • Butuh verifikasi tambahan, jika data seperti domisili atau NIK diperlukan datanya. Bisa menggunakan fotokopi kartu keluarga
    • Bukan sasaran/ duplikasi, jika data anak ternyata ada dobel atau sudah lewat usia untuk mengikuti imunisasi BIAN
  7. Pilih imunisasi yang akan diterima
    • Campak Rubella
    • IPV
    • OPV
    • DPT-HB-Hib

Bagaimana cara mendapatkan IHS? 
IHS adalah nomor yang digeneralisir atau otomatis jika sudah terdaftar di dashboard aplikasi sehat indonesiaku. Jadi urutannya adalah masukkan seperti cara diatas, kemudian pilih status diverifikasi. Kemudian akan muncul otomatis nomor IHS.

Kesimpulan

Semua anak yang mengikuti Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) harus terdaftar di aplikasi Sehat Indonesiaku. Jika dalam dashboard belum ada nama anak, perlu ditambahkan nama anak sesuai dengan NIK. Nomor IHS akan muncul otomatis setelah nama anak diverifikasi. Mari silahkan berdiskusi dikolom komentar untuk cara menggunakan aplikasi Sehat Indonesiaku.

Referensi



Mahar Santoso
Mahar Santoso Ketua Divisi Keprofesian Konsil Keterapian Fisik (Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia) Indonesian Health Workforce Council

3 komentar untuk "Cara Sehat Indonesiaku Login "

  1. selamat malam kenapa saya tidak bisa masuk di asik yang di web ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin Bapak/ Ibu Puskesmas Kediri, mohon info penjelasan lebih lanjut terkait kendala tidak bisa login asik web, atau bisa berikan screenshootnya. Terima kasih

      Hapus
  2. Kq tidak muncul kode OTP ke WA kenapa ya?? Padahal sudah daftar akun trus pernah login bisa...ini mau login lagi tdak bisa keluar kode OTP

    BalasHapus