Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Teknologi Terbaru Kesehatan Haji Indonesia 2022

Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin mempunyai visi besar yaitu transformasi kesehatan dengan menggunakan teknologi. Semua lini yang ada di Kementerian Kesehatan sekarang sudah online, tidak terkecuali layanan kesehatan haji. Kementerian Kesehatan melalui Pusat Kesehatan Haji yang dipimpin oleh dr. Budi Sylvana, MARS, MH. menggunakan teknologi terbaru untuk memantau kesehatan jamaah Haji Indonesia tahun 2022. Teknologi tersebut bernama TeleJamaah Haji Indonesia. Berbentuk smartwatch wristband ini dapat memonitor seluruh tanda vital jamaah Haji Indonesia. Aplikasi ini langsung terhubung secara realtime dengan petugas kesehatan Haji Indonesia.

 


 


 

Fitur

TeleJamaah Puskes Haji mempunyai beberapa fitur antara lain: 

  1. Mencatat detak jantung
  2. Saturasi oksigen
  3. Tekanan darah
  4. Langkah kaki
  5. Tidur (berapa jam tidur)
  6. Penunjuk arah lokasi (arah kiblat, tenda jamaah haji Indonesia, dll)
  7. Data Kesehatan
  8. Informasi Vaksinasi
  9. Informasi obat yang dibawa
  10. Riwayat Pemeriksaan
  11. Informasi Cuaca
  12. Kontak Petugas Kesehatan Haji
  13. Artikel dan Video

Manfaat

Wristband TeleJamaah bermanfaat untuk memonitor kesehatan Jamaah Haji Indonesia. Petugas Kesehatan Haji dapat dengan sigap dan cepat dalam penanganan jika ada jamaah yang membutuhkan pertolongan. GPS memudahkan pencarian posisi jamaah yang menggunakan perangkat ini. Jamaah selalu diingatkan untuk minum melalui jam ini. Jika ada tanda vital yang tidak normal, maka jamaah akan diberi notifikasi melalui jam ini, dan langsung terhubung kepada petugas kesehatan haji.

Seluruh tanda vital jamaah tercatat dalam aplikasi yang nantinya dapat membantu petugas kesehatan haji menganalisa kemungkinan yang akan terjadi di hari berikutnya. Contoh dari fitur perangkat ini adalah jika Anda tidak cukup tidur/ istirahat, maka kemungkinan untuk esok hari Anda tidak akan dapat beribadah secara khusyuk dikarenakan Anda sudah keletihan. Contoh lain adalah saat saturasi oksigen drop atau turun dibawah 90%, maka notifikasi akan muncul. Petugas kesehatan akan segera sigap membantu jamaah.

Pengguna

Pengguna TeleJamaah Puskes Haji 2022 adalah para Jamaah dan yang akan mendapat wristband adalah jamaah yang berisiko tinggi sesuai dengan hasil pemeriksaan oleh Petugas Kesehatan Haji. Tahun 2022 dari 100.051 Jamaah ada sekitar 35,81% berisiko tinggi. Tersedia sekitar 3000 perangkat yang nantinya akan digunakan untuk Jamaah. Kriteria jamaah risiko tinggi antara lain: 

  • Usia diatas 60 tahun
  • Memiliki faktor risiko kesehatan seperti alzheimer, demensia, diabetes melitus, sirosis, penyakit paru obstruktif kronis, gagal jantung, ginjal, kista, asma
  • Memiliki masalah potensial kesehatan seperti kardiovaskular, metabolik, hipertensi, dll

 

Cara Instalasi dan Penggunaan

  1. Install aplikasi TeleJamaah Puskes Haji pastikan versi 1.3.3
  2. Masukkan Nomor Porsi untuk login
  3. Masuk ke menu Wristband 
  4. Klik Pindai Perangkat. Pastikan bluetooth di handphone Anda sudah diaktifkan
  5. Muncul gambar jam/ smartwatch  dengan nama TeleJamaah Wired kemudian klik gambar jam tersebut
  6. Perangkat wristband dan handphone sudah tertaut

Tips Penggunaan

  1. Pastikan Wristband atau jam sudah terhubung dengan handphone Anda 
  2. Pastikan bluetooth di handphone selalu menyala
  3. Nyalakan GPS (Global Positioning System) atau tombol lokasi pada handphone Anda
  4. Beli paket koneksi / paket internet untuk haji saat di tanah air.
  5. Saat sampai di Arab Saudi, usahakan pairing (hubungkan) wristband dan handphone Anda menggunakan aplikasi TeleJamaah 
  6. Coba seluruh fitur sebelum digunakan, jika kesulitan Anda dapat membaca buku panduan atau dapat menanyakan kepada petugas
  7. Charge wristband Anda pada saat istirahat di pondokan/ hotel. 
  8. Ingat, jangan sampai tertukar dengan Jamaah lain karena model dan bentuknya hampir sama. Kalau memungkinkan beri tanda menggunakan tali / pita.
  9. Gunakan selalu wristband TeleJamaah Puskes Haji. Hal tersebut dapat memonitor secara realtime detak jantung, saturasi Oksigen, tekanan darah, pengingat untuk minum yang langsung terkoneksi dengan petugas kesehatan haji.
  10. Saat ada pengingat untuk minum atau sudah merasa haus, usahakan langsung minum. #jangantungguhaus
  11. Tekan tombol bantuan/ SOS Hanya untuk keadaan DARURAT

Kesimpulan

Jamaah yang telah diberi wristband harus menginstal aplikasi TeleJamaah Puskes Haji dan harus selalu menggunakan perangkat tersebut. Telejamaah memonitor kesehatan jamaah secara realtime. Petugas Kesehatan Haji dapat segera merespons segala keluhan kesehatan para jamaah. Wristband Telejamaah merupakan teknologi canggih yang dapat membantu Jamaah untuk tetap sehat agar menjadi Haji  Mabrur. 

Mari kita selalu minum #jangantungguhaus

Mari kita bawa Sandal Untuk Haji #pakaisandalmu

 

Mahar Santoso
Mahar Santoso Ketua Divisi Keprofesian Konsil Keterapian Fisik (Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia) Indonesian Health Workforce Council

Posting Komentar untuk "Inilah Teknologi Terbaru Kesehatan Haji Indonesia 2022"