Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Daftar Plataran Sehat. Integrasi Plataran Sehat dengan Satu Sehat

Plataran Sehat merupakan platform digital untuk pembelajaran masif secara daring. Plataran Sehat diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan sebagai alat transformasi kesehatan dalam pilar teknologi kesehatan. Semua tenaga kesehatan akan mengakses Plataran Sehat guna memperoleh ilmu dan kompetensi sesuai dengan profesinya. 

Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) menggunakan pertama kali Plataran Sehat yang disupport oleh Direktorat Mutu Tenaga Kesehatan pada saat Webinar Nasional Tenaga Kesehatan  dengan tema Peran KTKI dalam Pembinaan Profesi Tenaga Kesehatan untuk Mendukung Transformasi Kesehatan pada tahun 2023. Antusias tenaga kesehatan mengikuti webinar tersebut karena dibuka langsung oleh Menteri Kesehatan. Namun, saat itu masih ada kendala teknis yaitu banyaknya tenaga kesehatan yang tidak dapat masuk daftar plataran sehat. Banyak tenaga kesehatan tidak dapat login plataran sehat dikarenakan belum terintegrasi oleh SISDMK.

Sekarang, Plataran Sehat sudah dapat terintegrasi dengan SatuSehat. Bagaimana cara tenaga kesehatan bisa tautkan akun Satu Sehat dengan Plataran Sehat?

Tutorial Integrasi Satu Sehat dengan Plataran Sehat

  1. Pastikan tenaga kesehatan memiliki akun Satu Sehat. Alamat satusehat: https://satusehat.kemkes.go.id/sdmk Akun tersebut digunakan untuk pembaharuan STR menjadi seumur hidup
  2. Klik menu Plataran Sehat
  3. Klik tautkan akun

Mudah bukan caranya?

Kalau ada kendala bisa tulis di kolom komentar ya...


Mahar Santoso
Mahar Santoso Ketua Divisi Keprofesian Konsil Keterapian Fisik (Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia) Indonesian Health Workforce Council

21 komentar untuk "Solusi Daftar Plataran Sehat. Integrasi Plataran Sehat dengan Satu Sehat"

  1. Saya sudah punya akun satu sehat dan SDH mencoba tautkan dgn plataran sehat tetapi muncul login SSO, selanjutnya bgm??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Yuli Mansula, masukan username dan password yang sama dengan akun Satu Sehat.

      Hapus
  2. saya sudah punya akun satusehat, saya juga sudah punya akun plataran sehat tapi akun satu sehat dan plataran sehat saya tidak bisa tertautkan, bagaimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan dengan email yang sama saat mendaftar ya bu Widya

      Hapus
  3. Saya punya akun Satu Sehat SDMK (non medis) tapi menu pelataran sehat saya tidak muncul, apakah bapak tau solusinya ?

    BalasHapus
  4. Saya buat akun satusehat sdmk dan saya non medis (staff IT), kenapa menu pelataran sehat saya tidak muncul, apakah bapak tau solusinya ?

    BalasHapus
  5. Saya sudah daftar di satu sehat sdmk,tapi kenapa tidak muncul pelataran satu sehat di akun saya?

    BalasHapus
  6. Saya sudah punya akun satusehat dan plataran, sudah saya tautkan akun juga, tapi tiap mau klik cari pembelajaran selalu tidak bisa, tertulis akun tidak ditemukan, terus bagaimana ya pak?

    BalasHapus
  7. Dulu akun satu sehat buka diplataran sehat bisa, tetapi sekarang bila ditautkan ada tulisan token tidak valid, kenapa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Arfud, mungkin sekarang masih dalam tahap maintenance

      Hapus
  8. Sy tidak bisa menautkan satu sehat sdmk dgn pelataran sehat, akun tidak ditemukan. Itu bagaimana solusinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusinya buka akun langsung dari lms.kemkes.go.id

      Hapus
    2. kendala saya juga seperti ini dan masih belum bisa sampai sekarang pakai cara login langsung dari lms.kemkes.go.id

      Hapus
    3. Akun tidak ditemukan kemungkinan ada perbedaan antara email plataran sehat dan satu sehat. Atau berbeda login dengan SSO Eoffice jika pegawai Kemenkes

      Hapus
  9. saya sudah punya akun satusehat, saya juga sudah punya akun plataran sehat tapi akun satu sehat dan plataran sehat saya tidak bisa tertautkan...setiap klik cari pelajaran saya selalu muncul akun tidak ditemukan...padahal email disatu sehat dan plataran sehat sudah sama. bagaimana solusinya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan nama, nik, dsb harus sama ya pak Wira

      Hapus
  10. Saya sudah punya akun satusehat, dan plataran sudah saya tautkan akun juga, tapi saat mau klik cari pembelajaran selalu tidak bisa, tertulis akun tidak ditemukan, terus bagaimana ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba setelah tautkan akun, clear cache browser -- close browser -- kemudian login langsung dari plataran sehat / lms.kemkes.go.id terima kasih

      Hapus
  11. Pak maaf mau tanya, ini kan data STR yg tervalidasi masih nomor STR lama, jadi belum bisa mengajukan STR seumur hidup. Lalu td sudah mencoba untuk menautkan plataran sehat tp juga ngga bisa. Caranya gimana ya ?

    BalasHapus
  12. Saya masuk Plataran sehat melalui satu sehat SDMK, setelah saya klik pembelajaran munculnya login SSO berhasil, cuma itu saja, tidak bisa masuk ke pembelajaran Plataran sehat.
    Mohon solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung buka lagi di tab baru lms.kemkes.go.id

      Hapus