Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelatihan Keterapian Fisik di Wilayah Timur Indonesia: Fokus Kolaborasi Interprofesional



Makassar, 6 September 2023

Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Makassar menjadi tuan rumah Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tenaga Keterapian Fisik yang berlangsung dari tanggal 4 hingga 6 September 2023. Acara ini menarik perhatian tingkat nasional karena menekankan pentingnya kolaborasi antarprofesi dalam dunia tenaga keterapian fisik.

Acara ini dihadiri oleh tenaga keterapian fisik yaitu fisioterapis, akupunktur, terapis okupasional, dan terapis wicara. Acara ini diselenggarakan secara hybrid.

Tema utama yang disoroti adalah "Interprofesional Collaboration Tenaga Keterapian Fisik pada Penanganan Anak dengan ADHD." Ketua Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) memimpin pembukaan dengan pidato yang kuat tentang pentingnya kolaborasi yang erat antara berbagai profesi keterapian fisik.

Kolaborasi ini menjadi fokus utama selama tiga hari pelatihan. Peserta terlibat dalam sesi-sesi intensif, termasuk diskusi panel dan demonstrasi praktik terapi langsung kepada pasien.

Dalam pidato pembukaannya, Ketua KTKI menekankan, "Interprofessional Collaboration Tenaga Keterapian Fisik dapat mempercepat pencapaian tujuan terapi, yang memungkinkan pasien untuk menjalani proses terapi dengan lebih efisien."

Pembaruan signifikan yang ditawarkan oleh pelatihan ini sangat dihargai oleh peserta yang merupakan para ahli dalam bidangnya. Mereka menganggap pengalaman ini sebagai langkah positif dalam memperkuat kompetensi mereka dalam memberikan terapi kepada pasien dengan kebutuhan khusus.



Para peserta juga memiliki pandangan optimis tentang masa depan kolaborasi antarprofesi dalam bidang keterapian fisik. Mereka menyarankan agar pelatihan semacam ini diselenggarakan secara rutin dan diperluas untuk memastikan bahwa tenaga keterapian fisik terus berkembang dan memberikan terapi terbaik bagi masyarakat.

Acara ini mencerminkan komitmen dan semangat kolektif untuk meningkatkan pemahaman dan praktik tenaga keterapian fisik di wilayah Timur Indonesia. Dalam dunia yang semakin kompleks dan berubah, kolaborasi dan pendidikan berperan kunci dalam memastikan bahwa mereka yang memerlukan layanan keterapian fisik mendapatkan terapi terbaik yang tersedia.

Materi tersedia pada tautan https://link.kemkes.go.id/pelatihanketerapianfisik 

Mahar Santoso
Mahar Santoso Ketua Divisi Keprofesian Konsil Keterapian Fisik (Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia) Indonesian Health Workforce Council

Posting Komentar untuk "Pelatihan Keterapian Fisik di Wilayah Timur Indonesia: Fokus Kolaborasi Interprofesional"