Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instal Aplikasi Ini untuk Mencegah Kanker Kulit di Indonesia

Indonesia merupakan negara tropis yang terletak di jalur khatulistiwa. Geografis Indonesia menyebabkan seluruh tahun terpapar sinar matahari. Sinar matahari yang baik dapat kita manfaatkan, tetapi sinar matahari langsung yang tidak baik seperti cahaya ultraviolet lebih baik kita hindari karena akan menyebabkan kanker kulit. Tahun 2018 dilaporkan bahwa terdapat sekitar 6170 kasus kanker kulit di Indonesia. Untuk mencegah terjadinya kanker kulit, lebih baik kita menghindari atau memproteksi diri dari paparan sinar ultraviolet. Cara bijak adalah mengetahui waktu sinar ultraviolet menyengat hadir.

World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia pada 21 Juni 2022 telah meluncurkan aplikasi SunSmart Global UV. Aplikasi ini berguna untuk mengetahui level radiasi Ultraviolet yang ada didaerah kita. WHO bekerjasama dengan World Meteorological Organization (WMO), the United Nations Environment Programme (UNEP) dan International Labour Organization (ILO) dalam meluncurkan aplikasi ini. Aplikasi SunSmart Global UV mempunyai fitur prakiraan Ultraviolet hingga lima hari kedepan, jadi kita dapat bersiap untuk menggunakan alat pelindung diri seperti cream sun protection jika akan beraktivitas diluar ruangan. Mari kita tilik fitur canggih Aplikasi SunSmart Global UV.




Cara Instal SunSmart Global UV

SunSmart Global UV sudah ada di PlayStore dan AppStore, silahkan unduh sesuai dengan ponsel yang Anda miliki. Pastikan memori handphone mencukupi. Untuk Handphone Android, memerlukan versi Android 9 atau yang lebih baru, dengan kapasitas memori 10,52 MB. Untuk versi Apple membutuhkan iOS 13.0 atau lebih tinggi dengan kapasitas memori 39,7 MB.

Cara Penggunaan

Setelah di instal, kita hanya perlu mengizinkan aplikasi SunSmart Global UV mengakses GPS perangkat kita. Kemudian akan secara otomatis mengindentifikasi lokasi kita berada. Indonesia secara rata-rata memiliki paparan sinar ultraviolet yang tinggi pada waktu 09.00-14.30, gunakan waktu sebelum atau sesudah itu untuk berjemur atau beraktivitas diluar ruangan.

Cara Pencegahan

Untuk mencegah terjadinya kanker kulit, ada beberapa tips yaitu:
1. Pakai baju yang menutupi area tubuh, semakin banyak area tubuh yang ditutupi, semakin berkurang risiko untuk terpapar sinar ultraviolet
2. Pakai krim SPF (sun protector factor) SPF+15 atau yang lebih tinggi. Jika kita diharuskan beraktivitas diluar ruangan seperti ultra marathon, bersepeda century ride, atau kegiatan lain diluar ruangan, disarankan untuk menggunakan krim SPF+15, pakai secara berulang.
3. Gunakan Topi atau penutup kepala (buff). Pakai topi yang bisa melindungi kepala, telinga dan leher.
4. Berteduh. Hindari terpapar terus menerus. Cari tempat berteduh jika kulit sudah terasa tersengat matahari
5. Gunakan Kacamata. Kacamata dapat menambah proteksi paparan sinar ultraviolet ke mata. Selain itu kacamata dapat juga menambah kecantikan atau kegantengan.


Kesimpulan

Untuk mengetahui kadar sinar ultraviolet, kita dapat menginstal SunSmart Global UV pada ponsel kita. Waktu terbaik di Indonesia untuk tidak terkena langsung sinar ultraviolet adalah sebelum jam 09.00 dan setelah 14.30. Gunakan alat proteksi diri seperti jaket, topi, sarung tangan, krim dengan SPF+15 atau yang lebih tinggi jika akan beraktivitas diluar ruangan.


Referensi

World Health Organization. https://www.who.int/news/item/21-06-2022-sunsmart-global-uv-app-helps-protect-you-from-the-dangers-of-the-sun-and-promotes-public-health
Indonesia Cancer Care Community. https://iccc.id/sekilas-kanker-kulit#:~:text=Kanker%20kulit%20merupakan%20salah%20satu,basal%20dan%20karsinoma%20sel%20skuamosa.

Mahar Santoso
Mahar Santoso Okupasi Terapis, Kesehatan Masyarakat, Protokol Menkes

Posting Komentar untuk "Instal Aplikasi Ini untuk Mencegah Kanker Kulit di Indonesia"