Rabu, 26 Agustus 2015

Sombong

Tahukah kawan,

Nama orang yang paling banyak disebut oleh ALLAH SWT selain Nama Nabi dan Rosul di Al Quran adalah nama Fir'aun hingga disebut 74x. Dalam riwayat Fir'aun, yang paling ditekankan adalah kesombongan Fir'aun.

Kenapa Fir'aun sombong ?

Dalam sepanjang hidupnya, Fir'aun tidak pernah sakit sekalipun. Dia merasa pantas menyombongkan diri atas kekuatannya, dan kepintarannya. 

Tahukah kawan,

Iblis dulu tinggal bersama malaikat di Surga. Iblis diciptakan dari nar (api) dan Malaikat diciptakan dari nur (cahaya). Kemudian ALLAH SWT menciptakan manusia dari tanah, seperti yang ditulis di Al Quran Surat Al An'am ayat 2: 




Q. S Al An'am ayat 2 :
Dialah yang menciptakan kamu dari tanah, sesudah itu ditentukannya ajal (kematianmu), dan ada lagi suatu ajal yang ada pada sisi-Nya (yang Dia sendirilah mengetahuinya), kemudian kamu masih ragu-ragu (tentang berbangkit itu).

ALLAH memerintahkan Malaikat dan Iblis untuk sujud kepada Adam karena sebelumnya ALLAH telah mengetest ketiganya untuk menyebutkan nama-nama benda (Al Baqarah Ayat 31-33). Allah memerintahkan keduanya untuk sujud kepada Adam, tetapi iblis menolaknya:

Q.S Al Baqarah Ayat 34:
Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.

*Maksud sujud disini adalah memuliakan dan menghormati Adam, bukan sujud menghambakan diri. Karena sesungguhnya sujud menghambakan diri adalah kepada ALLAH. 

Kemudian ALLAH mengeluarkan Iblis dari surga.

Nah, cuma karena sombong tuh Iblis keluar dari surga. Si Fir'aun juga akan kekal di neraka gara-gara sombongnya dia di dunia.

Ini ada firman ALLAH:



Q.S Al Israa ayat 37: Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.

Sudah jelas bukan? Kita sebagai manusia ga boleh sombong. Apapun kekuatan, kepintaran kita itukan sumbernya dari ALLAH. Maka apa yang pantas kita sombongkan ?

Akibat dari sombong itu pasti akan timbul penyakit hati yang lain:
-- Dengki: Karena orang sombong itu pasti pengin yang terbaik, yang teratas, dan yang ter-ter-ter lainnya. Kalo ada orang yang nyaingin, pasti dia akan dengki.
-- Su'udzon (buruk sangka): Setelah dengki dia pasti cari-cari alasan kenapa orang itu bisa sukses melebihi dirinya. Mbuh apa sing dipikirna, sing penting mikir eleke wong (apapun yang dipikirkan, pasti berfikir jeleknya orang)

Akhirnya kita sudah tau, orang sombong itu bakalan akhirnya ke neraka, trus di bumi juga dia bakalan ga baik sama manusia lain. Cara menghindari sombong adalah dengan tidak sombong. 

Cara menghindari sombong adalah dengan sikap Tawadhu, setiap berbuat sesuatu harus diawali dengan Bismillahirahmanirahim, dan minimal beristighfar 70x sehari. 

Doa Nabi Sulaiman: Tambahkanlah hidayahMu kepada ku agar aku bisa menambahkan amal soleh dan masukan aku kedalam golongan orang-orang sholeh.

Selalu minta kepada ALLAH, karena ampunan dan hidayahnya adalah HAK Prerogative ALLAH. 

Semoga kita semua terhindar dari sifat sombong. 

Orang sombong keluar dari Surga







Share:

0 komentar:

Posting Komentar