Rabu, 10 April 2013

Menulis dengan Kaos Kaki. Writing with Sock

Ide kreatif harus muncul setiap saat bagi seorang Okupasi Terapis. Ide tersebut haruslah bisa didapatkan dengan mudah dan dapat diterapkan pada client. 

Pola Memegang Pensil 
pre writing skills Pencil Grip Postures


Datang client dengan limitasi pola menulis yang unik, yaitu Pola D (brush grasp). Dengan pola menulis tersebut dapat dipastikan client dapat menulis, tetapi dengan endurance yang terbatas. Untuk masa anak belajar/dalam sekolah, dibutuhkan waktu yang lama dalam menulis seperti menulis sebuah paragraf tentang cerita atau pengalaman liburan.

Untuk membantu client dalam kemandirian aktivitas dan melatih pasien agar dapat memegang pensil dengan benar, yaitu dengan pola J. Okupasi Terapis membuat alat bantu yang mudah didapat dan sederhana. 

Alat bantu tersebut terbuat dari Kaos Kaki. Cukup unik dan kreatif, kaos kaki yang seharusnya dipakai dikaki kemudian dipakai ditangan dan disulap menjadi alat bantu untuk melatih client. Alat ini disebut Kaos Kaki Menulis.


Bagaimana alat tersebut bekerja ?
* Kaos kaki akan menginhibisi (menghambat) pergerakan jari 3,4,5. Membuat jari-jari tersebut fleksi. 
* Kaos kaki juga akan menstabilkan wrist (pergelangan tangan) agar tidak ulnar deviasi. Ulnar deviasi dalam menulis menyebabkan cepat lelah, tulisan dengan tekanan yang berbeda-beda.
* Latihan menggunakan alat Kaos Kaki Menulis mempola jari-jari anak sesuai dengan pola menulis J.

Pengaruh alat :
* Endurance client dalam menulis menjadi lebih lama.
* Client lebih stabil dalam menulis




Video Kegiatan Writing with Sock




Ditulis oleh : Mahar Santoso, AMd.OT

Terima kasih saya tujukan kepada client  dan keluarganya yang sangat bekerjasama dalam kemajuan client dan memberikan izin untuk penerbitan tulisan ini.

copying is prohibited without the permission or eliminate the watermark

Share:
Lokasi: Palembang, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar