Sabtu, 16 Maret 2013

CHAT - CHecklist for Autism in Toddler


CHAT
(Checklist for Autism in Toddlers)
Untuk anak 18 bulan atau lebih
Sumber: American Academy of Pediatrics, Committee on Children with Disabilities.
 Technical Report: The Pediatrician’s Role in Diagnosis and Management of Autistic Spectrum Disorder in Children Pediatrics
107: 5 May 2001
disadur dari Sari Pediatri, Vol. 3, No. 3, Desember 2001

Interpretasi
ß Risiko tinggi menderita autis: bila tidak bisa melakukan A5, A7, B2, B3 dan B4
ß Risiko kecil menderita autis: tidak bisa melakukan A7 dan B4
ß Kemungkinan gangguan perkembangan lain: tidak bisa melakukan > 3
ß Dalam batas normal: tidak bisa melakukan < 3

Bagian A. Alo – anamnesis

Apakah anak anda
1. Senang diayun-ayun atau diguncang-guncang naik-turun (bounced) di lutut ?
2. Tertarik (memperhatikan) anak lain ?
3. Suka memanjat benda-benda, seperti memanjat tangga ?
4. Bisa bermain cilukba, petak umpet ?
5. Pernah bermain seolah-olah membuat secangkir teh menggunakan mainan berbentuk cangkir dan teko, atau
permainan lain ?
6. Pernah menunjuk atau meminta sesuatu dengan menunjukkan jari ?
7. Pernah menggunakan jari untuk menunjuk ke sesuatu agar anda melihat ke sana ?
8. Dapat bermain dengan mainan yang kecil (mobil mainan atau balok-balok) ?
9. Pernah memberikan suatu benda untuk menunjukkan sesuatu ?

Bagian B. Pengamatan

1. Selama pemeriksaan apakah anak menatap (kontak mata dengan) pemeriksa ?
2. Usahakan menarik perhatian anak, kemudian pemeriksa menunjuk sesuatu di ruangan pemeriksaan sambil
mengatakan : “Lihat, itu. Ada bola (atau mainan lain)” Perhatikan mata anak, apakah anak melihat ke benda
yang ditunjuk. Bukan melihat tangan pemeriksa
3. Usahakan menarik perhatian anak, berikan mainan gelas / cangkir dan teko. Katakan pada
anak anda : ‘ Apakah kamu bisa membuatkan secangkir susu untuk mama ?”
Diharapkan anak seolah-olah membuat minuman, mengaduk, menuang, meminum.
Atau anak mampu bermain seolah-olah menghidangkan makanan, minuman, bercocok
tanam, menyapu, mengepel dll
4. Tanyakan pada anak : “ Coba tunjukkan mana ‘anu’ (nama benda yang dikenal anak dan ada
di sekitar kita). Apakah anak menunjukkan dengan jarinya ? Atau sambil menatap wajah
anda ketika menunjuk ke suatu benda ?
5. Dapatkah anak anda menyusun kubus / balok menjadi suatu menara ?


Keterangan :
CHAT dikembangkan di Inggris dan telah digunakan untuk penjaringan lebih dari 16.000
balita. Pertanyaan berjumlah 14 buah meliputi aspek-aspek : imitation, pretend play, and joint
attention.
Pertanyaan A5, 7 dan B2, 3, 4 paling penting. Anak yang tidak bisa melakukan hal-hal
tersebut ketika di uji 2 kali (jarak 1 bulan) semua kemudian terdiagnosis sebagai autis ketika
berumur 20-42 bulan. Tetapi anak dengan keterlambatan perkembangan yang menyeluruh
juga tidak bisa melakukannya. Oleh karena itu perlu menyingkirkan kemungkinan retardasi
mental.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar